Sunday 6 February 2011

SMP IT Nur Hidayah Surakarta



SMP IT Nur Hidayah Surakarta adalah sebagai sekolah yang sudah termasuk sekolah faforit di kalangan Solo, walaupun sekolah tersebut baru meluluskan 4 angkatan sekolah ini mempunyai prestasi akademik yang cukup menanjak yaitu: Angkatan 1 yaitu kelulusan Tahun Pelajaran 2006/2007 peringkat ke-10 dari sekolah-sekolah setingkat SMP di Surakarta. Angkatan 2 yaitu kelulusan Tahun Pelajaran 2007/2008 naik menjadi peringkat ke-7 dari sekolah-sekolah SMP di Surakarta. Angkatan 3 yaitu kelulusan Tahun Pelajaran 2008/2009 naik menjadi peringkat ke-6 dari sekolah-sekolah SMP di Surakarta Bahkan diantara sekolah-sekolah swasta di Surakarta, SMP IT Nur Hidayah Surakarta peringkat ke-dua. Angkatan 4 yaitu lulusan tahun ajaran 2009/2010, peringkat 1 SMP swasta se-Surakarta dan peringkat 2 SMP negeri dan swasta se-Surakarta. ‘’Mengapa SMP IT Nur Hidayah bisa mendapatkan prestasi sebegitu bagus?’’ . Jawabanya yaitu, Karena di SMP IT Nur Hidayah Surakarta didukung oleh guru-guru muda lulusan perguruan-perguruan tinggi ternama telah terbiasa mengajar dengan paradigma pendidikan baru yang student centered. Apalagi jumlah siswa setiap kelas tidak lebih dari 30 siswa menjadikan hubungan antara guru dan siswa sangat intens. Di tahun pelajaran 2009/2010 ini SMP IT Nur Hidayah Surakarta mengembangkan sistem yang memungkinkan diadakannya program remidial teaching dan pengayaan materi yang optimal. Selain itu memadukan antara ilmu pengetahuan umum dengan ilmu agama (Islam), dalam proses bagaimana guru menyampaikan suatu materi kepada siswa. Selain prestasi akademik di atas, SMP IT Islam Terpadu yang menjadi harapan bagi banyak orang tua yang menginginkan putra-putrinya menjadi generasi yang sholih dan sholihah dan menjadian anak mempunyai kakteristik sebagi berikut: Mengutamakan nilai Membangun budaya ukhuwwah dalam semua interaksi antar warga sekolah.rawat, resik, rapih, runut, ringkas, sehat, dan asri.Menjamin seluruh proses kegiatan sekolah untuk selalu berorientasi pada mutu. Menumbuhkan budaya profesionalisme yang tinggi di kalangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Garansi yang berikan oleh SMPIT adalah:
1. Pembiasaan ibadah sehari-hari seperti membaca Al Qur’an, sholat berjama’ah, dzikir dan lain-lain
2. Lingkungan sekolah yang islami seperti pemisahan putra dan putri baik kelas maupun dalam berbagai kegiatan.
3. Siswa lulus dari SMP IT Nur Hidayah Surakarta memiliki hafalan Al Qur’an minimal 3 Juz dan mampu membaca Al Qur’an dengan tartil
4. Tidak ada Ustadz (Guru Putra) maupun karyawan yang merokok di sekolah maupun di rumah
5. Semua Ustadzah (Guru Putri) maupun karyawati berbusana muslimah baik di sekolah maupun di rumah.
Semua hal diatas menjadi prasyarat utama untuk melahirkan generasi yang sholih/ah. Sebab guru bukan saja menjadi pengajar melainkan juga sebagai pendidik.Seorang pendidik harus mampu menjadi teladan bagi siswa didiknya.
SMP IT Nur Hidayah berada diantara hamparan sawah sehingga sangat kondusif untuk proses kegiatan belajar mengajar. Memiliki akses jalan raya yang bagus sehingga mudah untuk menuju lokasi. Memiliki bangunan gedung yang relatif baru sehingga terasa nyaman bagi siapa saja yang memasukinya. Dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukung proses pengajaran seperti :
  1. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan LAN internet di semua unit komputer
  2. Perpustakaan dengan fasilitas hot spot dan jaringan on line
  3. Ruang multimedia yang dilengkapi dengan LCD Projector serta VCD Interaktif dan VCD Pembelajaran.
  4. Ruang kelas yang representatif dengan komposisi siswa 30 per ruang.
  5. Sarana dan prasarana olah raga yang lengkap dan memadai.
  6. Tersedia sarana mengembangkan ketrampilan siswa khususnya ketrampilan membatik.
  7. UKS (Unit Kesehatan Sekolah) yang bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan alat-alat kesehatan yang cukup lengkap dan juga dilengkapi dengan obat-obatan, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa.
  8. Layanan komunikasi berupa telepon umum dengan kartu.
  9. Koperasi
  10. Mobil antar jemput
Lokasi SMPIT adalah Jl. Kahuripan Utara, Sumber, Banjarsari, Surakarta. Telp. (0271)743416, 742103

0 comments:

Post a Comment